STDP The Cornerstone of Marketing

“STDP”  atau Segmentation – Targeting – Differentiation & Positioning, sering disebut sebagai landasan dari vertical marketing. Dalam konsep horizontal marketing tentu berbeda lagi.

Segmentasi adalah mengelompokkan konsumen yang heterogen menjadi kelompok-kelompok yang lebih homogen.

Kelompok yang homogen ini akan memiliki kebutuhan yang serupa sehingga memudahkan dalam menyusun strategi pemasaran.

Segementasi bisa berdasarkan geografi, demografi, jenis produk, jenis sediaan, tipe pasar, kelompok produk dan lain lain. Segmentasi yang baik harus memenuhi syarat-syarat: dapat diukur, dapat diakses, dapat ditindak lanjut dan cukup besar

Setelah kita melakukan segmentasi dan memahami adanya beberapa segmen, maka kita harus memilih segmen atau kelompok untuk dijadikan target market. Langkah ini kita sebut Targeting atau menentukan definisi pasar. Makin tepat membuat definisi pasar, akan membantu dalam menyusun strategi pemasaran

Kita sadar bahwa didalam target market tersebut banyak sekali pesaing yang saling memperebutkan konsumennya masing -masing. Maka Langkah selanjutnya kita harus membedakan produk/brand kita dengan pesaing atau melakukan diferensiasi produk/brand.

Terutama dengan pesaing yang menjadi target gusur kita. Apabila kita tidak dapat membedakan produk/brand kita dengan pesaing, maka kita akan berkompetisi hanya dengan harga. Artinya kita tidak dapat menjual produk/brand kita dengan harga optimal dan tidak akan mendapatkan keuntungan yang optimal. Dalam melakukan diferensiasi produk/brand sebaiknya jangan hanya berdasar cara kerja dan manfaat produk, namun harus mempertimbangkan elemen-elemen produk lainnya seperti personnel, services, channel dan image. Tentukan satu perbedaan/ diferensiasi yang kuat dan jadikan sebagai positioning.

Phillip Kotler mengatakan postioning adalah Tindakan mendesain penawaran perusahaan sehingga dapat menduduki tempat yang berbeda dan bernilai dibenak target konsumen.

Sedangkan Al Ries & Jack Trout menjelaskan bahwa positioning mulai dari produk, namun bukan apa yang Anda lakukan pada produk tersebut, melainkan apa yang Anda lakukan terhadap benak konsumen

Dengan membuat positioning yang baik maka akan memudahkan kemunikasi produk/ brand pada target konsumen didunia yang sangat hingar bingar dalam komunikasi.

Dapatkan penjelasan yang lebih lengkap dalam module pelatihan Product/ Brand Management

Pelatihan Product/Brand Management

18-20 MEI 2022