Community Marketing adalah strategi marketing yang mengkaitkan Brand atau Business berinteraksi dengan suatu group (community) yang terdiri dari individu – individu dengan minat yang sama
Community marketing adalah strategi untuk mendorong para peserta, antara prospek dan konsumen secara aktif saling berbicara
Interaksinya banyak dilakukan dalam lingkungan on-line melalui social media group, seperti blog, on line forum , dll. Namun bisa juga dilakukan dalam lingkungan off-line Community Marketing fokus pada kebutuhan konsumen saat ini
Kita melaksanakan community marketing dengan tujuan mencapai 4 sasaran sebagai berikut ini:
- Menghubungkan konsumen saat ini dengan prospek konsumen
- Menghubungkan prospek konsumen dengan prospek lainnya. Atau menghubungkan
sesama prospek - Menghubungkan perusahaan dengan konsumen/prospek untuk memperkuat
loyalitas - Menghubungkan konsumen dengan konsumen lainnya untuk memperkuat atau mempercepat proses adopsi produk, kepuasan, dan lainnya
Dengan menjalankan community marketing maka kita akan mendapatkan manfaat –manfaat sbb:
- Komunikasi dua arah dengan konsumen
- Menghasilkan peningkatan umpan balik, memahami kebutuhan konsumen,
- pengembangan produk yang terfokus pada konsumen
- Mengurangi hambatan komunikasi
Memudahkan penyampaian pesan pada konsumen terkait produk baru - Identifikasi, keterikatan, dan meluaskan Advokasi
- Memberi peluang pada konsumen loyal dan antusias untuk mendapat manfaat dari pemasaran melalui mulut ke mulut dan pengetahuan manajemen
- Mendapatkan status penasehat/ advisory terpercaya
Menurunkan skeptisme terhadap pesan marketing Anda sebagai akibat keterbukaan yang diperlihatkan, transparansi, dan komitmen pada konsumen - Ada dua macam community marketing:
1. Organic atau Natural Marketing:- Community marketing ini terjadi tanpa bantuan dari perusahaan sebagai
sponsor - Organic marketing adalah marketing yang tercipta dari mulut ke mulut dan
merupakan marketing yang paling efektif. Misalnya:runners community, bikers community, Club Jantung, Club Astma, dan lain-lainnya
- Community marketing ini terjadi tanpa bantuan dari perusahaan sebagai
2. Sponsored community marketing:
Community ini dipromosikan oleh perusahaan melalui kegiatan investasi perusahaan untuk memperbaiki komunitas lokal setempat atau sebagai bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan
Community marketing akan membantu brand berinteraksi dengan konsumen, membangun hubungan baik, membangun kenyamanan konsumen dan pada akhirnya membangun brand loyalty.
Berikut ini beberapa perangkat community marketing yang dapat dipertimbangkan:
1. Online Social Networking
Web 2,0 yang sifatnya interaktif seperti : Internet forums, Wiki’s, Social Network,
Blogs, Zoom, dan lain-lain perangkat
2. Perangkat komunitas khusus & fitur
Untuk mendorong partisipasi dari anggota komunitas, banyak perusahaan
menawarkan perangkat & fitur yang disiapkan khusus untuk para anggotanya (manfaat khusus untuk anggota)
3. Infrastruktur dan organisasi dalam Community
Beberapa community membuat keterikatan partisipasi konsumennya dalam memilih
staf, dewan penasehat dan trainer agar konsumennya memiliki peran lebih jelas
dalam community.
4. Kemitraan
Walaupun hal ini seringkali merupakan strategi Kehumasan (Public Relations) ,
beberapa orang memandang kemitraan dengan organisasi lembaga nirlaba
penasehat konsumen merupakan upaya community marketing.
Kekuatan dari community marketing adalah
- Community marketing biayanya lebih rendah
- Community marketing membangun brand loyalty
- Community marketing mempertahankan keaslian/ originalitas
- Community marketing mendorong innovasi
- Community marketing mendukung penemuan kembali